Lewoloba Lama Dike Tanah Weki Lama Doro

Lewoloba Lama Dike Tanah Weki Lama Doro
Satu Hati Membangun Lewotanah

Minggu, 15 Desember 2013

Desa Lewoloba Siap Terima Program Rabat Jalan PNPM-MP 2014

BPD Desa Lewoloba
Pengerjaan Rabat Jalan di sebuah desa di Kab. Malang

Pada hari Jumat, 13 Desember 2013, bertempat di Gedung Balai Desa Lewoloba, diadakan Rapat Sosialisasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP). Pertemuan ini merupakan keberlanjutan dari Musyawarah Antar Desa (MAD) yang diselenggarakan di Lewohala pada tanggal 6 Desember 2013 lalu. Rapat sosialisasi ini dihadiri oleh Pengurus PNPM-MP Kecamatan Ile Mandiri, Pengurus PNPM-MP Desa Lewoloba, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan sekitar lima puluhan warga masyarakat Desa Lewoloba.

Fasilitator Teknik (FT) PNPM, Ismail, menjelaskan bahwa saat ini dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) untuk kecamatan Ile Mandiri sebesar Rp950 juta. Dana sebesar ini hanya berasal dari APBN, sedangkan dana PNPM dari sumber dana APBD masih belum diterima. Sebagai perbandingan, dana PNPM pada tahun lalu untuk Kecamatan Ile Mandiri, sebesar Rp 1.11.840.000. Ismail menambahkan bahwa program PNPM kali ini bukan optimalisasi sebagaimana diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya, di mana PNPM mendanai sendiri pengerjaan proyek PNPM. Program PNPM kali ini adalah program integrasi, yaitu bahwa pemerintah daerah, melalui SKPD terkait, ikut mendanai program PNPM.

Pada tahun 2014 mendatang, Desa Lewoloba mendapatkan proyek rabat jalan (=semenisasi) sepanjang 2000 meter atau 2 kilometer. Lewoloba mendapatkan perankingan nomor urut pertama untuk realisasi proyek PNPM-MP tahun 2014.. Ranking urutan kedua dan ketiga masing-masing ditempati oleh Desa Tiwatobi dan Desa Mudakeputu. Sesuai kesepakatan bersama, untuk menyukseskan program PNPM di Desa Lewoloba, masyarakat akan menyiapkan swadaya berbentuk natura (batu, kerikil) dan tenaga.

Dalam rapat ini juga diadakan evaluasi pelaku PNPM tingkat desa. Setelah melalui perdebatan yang alot, peserta rapat menyepakati untuk mengangkat Bpk. Yosep Ratu Doren untuk menduduki jabatan Bendahara, menggantikan Ibu Oni Kelen. Forum rapat juga mengusulkan dua nama untuk menggantikan pelaku PNPM-MP Kecamatan Ile Mandiri yang akan segera diganti karena terlibat dalam bursa Calon Legislatif 2014 mendatang, yaitu Asni Hurint AW, dan Nikolaus D. Doren.

Ketua Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Lodovikus L. Kelen, menjelaskan bahwa setelah tahapan sosialisasi, akan diadakan tahapan pelelangan, pengerjaan fisik, penyaluran dana, LPJ Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Selanjutnya akan diadakan lagi dua musyawarah desa, yaitu musyawarah desa pertanggungjawaban pelaksanaan PNPM dan musyawarah desa serah terima. Diharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk turut mengawasi dan terlibat langsung dalam setiap tahapan pelaksanaan Program PNPM-MP di Desa Lewoloba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar